kata kata bahasa banjar, wanita cantik, wanita banjar
Kata-Kata

Kata Kata Bahasa Banjar

Berkata.net – Berbicara mengenai kata kata bijak dalam Bahasa Banjar (Banjarmasin) dan artinya, tentu banyak hal yang menarik untuk dijadikan sebagai pembelajaran dan nasehat.

Salah satu contoh kata kata Bahasa Banjar yang begitu populer ialah;

Urang sabar disayang mama, urang panyarikan disumpah pada tuhan.

Dimana memiliki arti, “orang sabar disayang ibu, orang pemarah dilaknat tuhan”. Quotes ini tentu sudah tidak asing di telinga kita.

Namun sudah tahukah kalian dimana Banjar atau Suku Banjar berada? Pada bagian-bagian berikutnya kita akan membahasnya.

Artikel Terkait : Kata kata bijak Bahasa Aceh

Sekilas Tentang Banjar

budaya banjar, suku banjar
Sumber: wikipedia.org
Luas Wilayah4.668 km²
ProvinsiKalimantan Selatan
Jumlah Penduduk546.990 (2014)

Kabupaten Banjar adalah sebuah wilayah yang terletak di Kalimantan Selatan, memiliki luas wilayah 4.668 km², diperkirakan jumlah penduduk sekitar 546.990 (data tahun badan statistik tahun 2014).

Kata Kata Bijak Bahasa Banjar

kata kata bahasa banjar
Quotes bahasa banjar oleh berkata.net

Kumpulan kata kata bijak Bahasa Banjar paling lengkap, romantis, galau, lucu, tentang kehidupan dan memotivasi.

Setiap kata kata yang disajikan lengkap dengan arti dan penjelasan atau pandangan dari penulis berkenaan dengan kata kata tersebut.

1. Perkataan Marah Orang Banjar

Shut Up! Kalo kusumpali kain buruk muntung tu

  • Diam! Kalau kusumpali kain buruk itu mulut.

Kata ini adalah ungkapan marah atau rasa kesal orang banjar. Apabila kita perhatikan tentu saja masih wajar ya marahnya.

Jika kalian bertemu atau berteman dengan orang Banjar jangan sampai membuat dia kesal ya, nanti mulutnya disumpali dengan kain.

Kalau sudah begini kan repot, coba mau gimana?

2. Takut Selingkuh

Adek takut abang selingkuh, lebih takutan amun mambari muar.

  • Adek takut abang selingkuh, tapi lebih takut lagi kalau bikin marah.

Siapa sih yang tidak takut diselingkuhi, rasanya sangat wajar, manusiawi. Ketakutan tersebut ada dasarnya menunjukan rasa cinta dan sayang.

Bagaimana dengan kalian, apakah takut untuk diselingkuhi?

Sebenarnya tidak usah takut ya, karena belum tentu juga diselingkuhi, lebih takut membuat pasangan merasa tidak nyaman, bahkan marah.

3. Kamu Jual Saya Beli

Loe jual gue beli, amun kamahalan kadak jadi.

  • Kamu jual saya beli, kalau kemahalan tidak jadi.

Kata kata dalam Bahasa Banjar ini adalah kata kata plesetan ya. Apabila kita perhatikan memang sangat lucu, msa jika mahal gak jadi dibelinya.

Padahal kata ini sebenarnya tidak memiliki arti jual beli yang sesungguhnya, melainkan kata kata untuk pertarungan, baik secara fisik ataupun harga diri.

4. Kamu & Sandal

Bandingkan capal wan ikam, mana bungolnya?

  • Bandingkan sandal sama kamu, bodoh mana?.

Sebuah ungkapan atau kata kata kekesalan terhadap seseorang dalam Bahasa banjar. Tentu setiap orang berhak untuk marah ya, namun yang perlu diingat jangan sampai kebablasan dan menyakiti perasaan orang lain.

Barangkali kita sendiri sudah sangat paham bagaimana rasanya apabila diri ini disakiti oleh orang lain.

Meskipun tidak berdarah, sakitnya tentu bukan main. Makan munculnya sebuah peribahasa populer yang menggambarkan hal ini “mulit lebih tajam daripada pedang”.

5. Omong Kosong

Jangan banyak muntung! Ku kantuti kaina.

  • Jangan omong kosong! Nanti ku kentuti.

Sipa yang tidak kesal dibohongi, wajar jika marah dan eluar kata kata seperti ini. Barangkali kita pun pernah mengalami hal ini.

Bukan hanya sekali, dua kali, akan tetapi biasanya berulangkali. Kita bisa menyimpulkan seseorang omong kosong saat ucapannya benar-benar tidak sesuai.

Sebaiknya kita menghindari hal ini ya, sebab seperti yang kita ketahui, hal ini adalah salah satu sifat buruk.

6. Orang Banjar Itu Setia

Pacar yang setia itu urang banjar.

  • Pacar yang paling setia itu orang Banjar.

Apakah benar demikian ya? Berhubung saya bukan orang Banjar, dan untuk saat ini belum punya temen dari sana maka belum percaya.

Barangkali harus dicoba menjalin hubungan dengan orang Banjar untuk membuktikan hal ini.

Kira kira siapa yang mau?

menjalin hubungan kan tidak selalu harus menjadi pacar atau menikah, bisa juga melalu pertemanan. Silahkan email aja melalui hubungi kami :).

7. Perempuan Banjar Itu cantik

Bebinian banjar tu bungas-bungas, mun kada caya tiringi aku!.

  • Perempuan Banjar itu cantik-cantik, kalo nggak percaya lihat aku (Bilangnya Permpuan).

Konon katanya orang Kalimantan itu cantik-cantik, salah satunya dari daerah Banjar. Saya sendiri jujur semua wanita itu cantik, kata tersebut bentuk penghargaan untuk seorang wanita.

Saya pikir wanita adalah mahluk yang istimewa, bagaimana tidak seorang anak besar melalui tangan mereka.

Maka untuk kaum adam, sudah selayaknya senantiasa menghormati wanita, termasuk hak-haknya.

8. Cara Move On

Bingkrap hati adek bang! Kapina abang mudah berpacaran.

  • Lapisin hati adek bang! Siapa tahu abang nanti mudah move on.

Perkataan seorang perempuan yang ingin menjadi pasangan pujaannya, atau bahkan hanya sekdar mengagumi dan menggodanya.

Ada yang bilang menjadi perempuan itu serba bingung, sebab tidak dapat mengungkapkan perasaan, padahal nyatanya tidaklah demikian.

Banyak hari ini perempuan yang mulai berani untuk mengungkapkan rasa, menyampaikan isi hati, meskipun sebagian orang menganggapnya tabu.

9. Asli Gila

Ikam tuh asli babungolan! Hahay, bungol dari kalum

  • Kamu tuh asli gila! Hahaha, gila dari anjing.

Kata kata dalam Bahasa Banjar ini memliki arti yang cukup kasar, sahabat jangan menirunya. barangkali ini ungkapan marah atau rasa kesal.

Saat kalian merasa kesal atau marah, sebaiknya diam saja, pikirkan dampak yang akan ditimbulkan saat kata kata itu meluncur dari mulut,

jangan sampai setelah kata kata itu keluar, kita merasa menyesal telah berucap yang demikian.

10. Cinta

Tampaslah dada ini, kaina terukir ngaranmu di situ.

  • Belahlah dada ini, siapa tahu namamu terukir di situ.

kata kata romantis yang sudah sangat lajim, namun bedanya dibawakan dalam Bahasa Banjar.

Ketika seseorang berkata seperti ini, bisa jadi ia memiliki perasaan cinta yang mendalam, atau hanya sekedar menggombal.

Anak muda jaman sekarang tidak sedikit yang suka dengan kata kata gombal, tujuannya untuk merayu perempuan, bikin dia klemer-klemer.

11. Meminta Jodoh

Tuhan tolong kirimkan aku jodoh, urang higa higa rumah mempesona

  • Tuhan tolong kirimkaan aku jodoh, orang mempesona samping rumah.

Lucu kali yang memiliki jodoh disamping rumah, selain deket dengan orang tua dan mertua, tidak butuh penyesuaian yang lama.

Namun hal ada tidak baiknya, dalam setiap hal pasti orang tua dan mertua akan terlibat, bisa jadi hal ini menjadi sesuatu yang masalah.

12. Galau

Gara-gara anak pian cil ae, ulun jadi galau.

  • Gara-gara anak tante nih, aku jadi galau.

Ini adalah sebuah pernyataan yang sangat jujur, jika ada pepetah “cinta ditolak dukun bertindak”, hal ini berbeda, yaitu ketika cinta ditolak ngomong orang tuanya.

Apakah kalian berniat untuk mencoba hal yang demikian? Selamat mencoba semoga berhasil.

Penutup

Kira kira apa yang dapat kalian ambil dari kata kata bijak Bahasa Banjar ini? seperti yang telah dibaca, terdiri dari beberapa hal, seperti romantis, lucu bahkan sebagian bisa jadi membuat kesal.

Semoga tulisan ini menjadi pengetahuan dan hiburan bagi kalian semua!!.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *