jepang
Kata-Kata

Kata Kata Bijak Bahasa Jepang

Berkata.net – Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai kata kata mutiara Bahasa Korea. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai kata kata bijak Bahasa Jepang.

Jepang sendiri adalah sebuah wilayah yang masih berbatasan dengan Korea, maka tidaklah heran apabila sering terjadi persaingan diantara ke dua negara ini, baik dari segi ekonomi, pendidikan hingga teknologi.

Bahkan di Korea selatan terdapat kata kata yang sangat unik untuk menyindir orang Jepang.

Jangan menjadi pemalas seperti orang Jepang.

Padahal seperti yang kita ketahui, jepang memiliki etos kerja yang sangat tinggi. Bahkan tidak jarang pemerintahan dan perusahaan di  sana mewajibkan karyawan dan pekerjanya untuk pergi berlibur.

Tentu hal tersebut merupakan keterbalikan dari negara kita ya. Kebanyakan di negara kita ingin berlibur, bahkan di hari produktif sekali pun.

Sekilas Tentang Jepang

kata kata bijak bahasa jepang, jepang
Sumber: pinterpoin.com

Bagi masyarakat Indonesia, Jepang memiliki nilai historis, sebab pada perang dunia ke-2 Jepang sempat menjajah negara kita.

Jepang sendiri ialah sebuah negara kepulauan yang terletak di Asia Timur, dalam huruf kanji ditulis dengan nippon atau nihon.

Saat ini jepang terkenal dengan masyarakatnya yang sangat disiplin dan memiliki tanggung jawab yang besar. Hal tersebut dapat terlihat dari etos kerja mereka, kebersihan lingkungan dan lain sebagainnya.

Satu-satunya yang menjadi problem di Jepang ialah anak muda yang tidak menginginkan pernikahan, sehingga pertumbuhan masyarakat disana sangat lambat.

Kemudian soal teknologi, Jepang terkenal dengan paten-patennya, sebut saja pada bidang kelistrikan dan telekomunikasi. Apabila kalian tertarik untuk mengetahui lebih rinci mengenai Jepang.

Artikel terkait: kata kata bjak Bahasa Inggris

Kata Kata Bijak Bahasa Jepang dan Artinya

Setelah kita mengetahui sekilas mengenai Jepang, selanjutnya dalam bagian ini saya akan memberikan beberapa kata kata Bijak yang Insaha Allah akan memotivasi dan penyemangat dalam hidup.

Tidak Menyerah Terhadap Apapun

あなたは何が起こっても、あきらめるべきではありません。 私は、あなたが降りてくるのではなく昇るための道具としてあなたに何が起こってもそれを使うべきです.

Anata wa nani ga okotte mo, akiramerubekide wa arimasen. Watashi wa, anata ga orite kuru node wanaku noboru tame no dōgu to shite anata ni nani ga okotte mo sore o tsukaubekidesu.

Artinya : Kamu seharusnya tidak menyerah terhadap apapun yang terjadi padamu. Maksudku, kamu seharusnya menggunakan apapun yang terjadi padamu sebagai alat untuk naik, bukan turun.

Orang jepang terkenal dengan semangat samurainya, dimana berusaha hingga titik darah penghabisan. hal ini juga dapat tercermin melaluii kata kata mutiara di atas.

Memang idealnya seperti itu sikap yang harus kita miliki, dimana apapun yang terjadi kepada diri kita, baik maupu buruk harus dapat mendorong kita untuk naik.

Akan tetapi kebanyakan orang tidaklah demikian, mereka akan semangat tatkala mendapatkan kemudahan dan kelancaran. Namun tatkala mendapatkan rintangan ia malah mundur.

Kata kata mutiara ini dapat dijadikan penyemangat serta pengingat dalam mencapat sebuah cita-cita dan impian. Barangkali ada beberapa diantara kita yang hingga saat ini mimpi besarnya belum dapat terwujud.

Hidup Itu Pemberian

人生は贈り物であり、人生はより良い人間になるための特権、機会、責任を私たちに与えてくれます.

Jinsei wa okurimonodeari, jinsei wa yoriyoi ningen ni naru tame no tokken, kikai, sekinin o watashitachi ni ataete kuremasu.

Artinya : Hidup adalah sebuah pemberian, dan hidup memberikan kita keistimewaan, kesempatan, dan tanggungjawab untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

Mensyukuri kehidupan adalah sesuatu yang wajib kita lakukan, sebab dalam hidup mendapatkan segalanya, kebaikan, tanggung jawab dsb.

Maka dari itu janganlah mengeluh akan hidup ini. Mengeluh tidak akan membuat segalanya lebih baik, justru hanya akan merugikan diri sendiri.

Mereka yang senantiasa mensyukuri hidupnya sudah dipastikan akan bahagia, sebab dalam kondisi apapun mereka senantiasa senang dan gembira dalam menjalaninya.

Hal tersebut akan berbeda dengan orang-orang yang banyak mengeluh, dimana mereka akan lebih merasa tertekan dan tidak mendapatkan apa-apa.

Tuhan Memiliki Alasan

神は一つの理由ですべてが起こるようにします。 すべてが学習プロセスであり、あなたはあらゆるレベルを通過しなければなりません.

Kami wa hitotsu no riyū de subete ga okoru yō ni shimasu. Subete ga gakushū purosesudeari, anata wa arayuru reberu o tsūka shinakereba narimasen.

Artinya : Tuhan membiarkan semuanya terjadi dengan satu alasan. Semua itu adalah sebuah proses belajar dan kamu harus melewati setiap tingkatannya.

Apa yang terjadi di dalam kehidupan terdapat alasannya, namun sebagai manusia dengan keterbatasannya seringkali tidak dapat melihat alasan tersebut.

Bahkan yang menurut kita buruk sekalipun, itu ada alsannya. Sebab untuk menjadi manusia yang tangguh dan bijaksana butuhlah proses.

Bahkan kegagalan dan keberhasilan adalah bagian dari proses itu sendiri. Maka untuk itu jalan terbaik ialah bersyukur dan berusaha untuk menjadi lebih baik.

Kesempatan

あなたのチャンスを作ってください! 人生は機会です。 一般的に最も遠くに運転した人は、何かをしたいと敢えて望む人です.

Anata no chansu o tsukutte kudasai! Jinsei wa kikaidesu. Ippantekini mottomo tōku ni unten shita hito wa, nanika o shitai to aete nozomu hitodesu.

Artinya : Buatlah kesempatanmu! Hidup adalah sebuah kesempatan. Seseorang yang melaju paling jauh pada umumnya adalah dia yang ingin dan berani melakukan sesuatu.

Secara garis besar makna yang terdapat pada kata kata bijak Bahasa Jepang ini ialah untuk berusaha mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Karena tidak mungkin semua yang kita harapkan akan datang begitu saja, sehingga kitalah sendiri yang harus menciptakan kesempatan itu.

Bahkan di dalam Islam, Allah tidak akan merubah nasib seseorang, jika ia tidak merubah nasibnya sendiri. Maka hal yang paling mudah untuk dilakukan ialah mulai melangkah dan berusaha.

Prof Yohanes Surya pernah mengatakan, apabila kita ingin mencapai sesuatu paling tidak terdapat tiga yang harus kita lakukan.

  • Kritis
  • Melangkah
  • Tekun

Kritis artinya memposisikan diri menginginkan hal tersebut, melangkah artinya melakukan hal yang diinginkan, kemudian yang terakhir tekun mengulang-ngulang proses hingga berhasil.

Surga Dunia

幸せな家族は早く来る天国です.

Shiawasena kazoku wa hayaku kuru tengokudesu.

Artinya : Sebuah keluarga yang bahagia merupakan sebuah surga yang datang lebih awal.

Kata kata mutiara Bahasa Jepang di atas dengan tersurat menyatakan bahwa keluarga adalah surga yang datang lebih awa, sehingga dengan demikian dapat diartikan keluarga adalah surga dunia.

Bagaimana tidak, lewat keluarga kita pendapatkan segalanya, kasih sayang, pendidikan, pengajaran, teladan dan lain sebagainya.

Maka sangat pantaslah apabila keluarga disebut sebagai surga di dunia. Kemudian kebanyakan orang-orang yang sukses terlahir dari keluarga yang baik-baik saja, artinya keluarganya tidak bermasalah.

Tentu sudah sepantasnya merawat keluarga, kerukunan dan keharmonisan adalah hal paling utama yang harus diperhatikan.

Cekatan

すぐに虫を得る鳥.

Sugu ni mushi o eru tori.

Artinya : Burung yang cepat akan mendapatkan cacing.

Kata mutiara Bahasa Jepang di atas singkata namun penuh akan makna. Burung disitu adalah gambaran dari manusia, sedangkan cacing adalah kesuksesan.

Jika burung yang cepat akan mendapatkan cacing, maka orang yang rajin, ulet dan tekun akan mendapatkan kesuksesannya.

Kemudian bagaimana dengan orang-orang yang sudah merasa rajin, tekun dan ulet, namun sukses belum menghapiri.

Bagi yang mengalami hal seperti itu, pilihan satu-satunya bersabar, sebab cepat atau lambat kesuksesan itu akan segera hadi ditengah-tengahnya.

Mendengarkan

他の人が話すときは、完全に聴きなさい。 ほとんどの人は聞いていない.

Hokanohito ga hanasu toki wa, kanzen ni kiki nasai. Hotondo no hito wa kiite inai.

Artinya : Ketika orang lain berbicara, dengarkan sepenuhnya. Kebanyakan orang tidak mau mendengar.

Kata kata bijak Bahasa Jepang ini mengajak kepada kita untuk senantiasa mendengarkan pembicaraan atau perkataan orang lain hingga selesai.

Barangkali dalam stiap ucapannya terdapat hikmah-hikmah luar biasa yang dapat kita ambil. Selain mendengarkan adalah bentuk penghormatan untuk yang berbicara, hal ini pun saya rasa sangat baik.

Seperti yang kita ketahui tidak sedikit orang yang lebih senang berbicara dari pada mendengarkan, mulai sekarang cobalah menjadi orang yang lebih senang mendengarkan daripada berbicara.

Hidup Itu Berkembang

人生は成長を続けています。 私たちが肉体的、精神的に成長を止めれば、私たちは死んだ人々のようなものです.

Jinsei wa seichō o tsudzukete imasu. Watashitachi ga nikutai-teki, seishintekini seichō o yamereba, watashitachiha shinda hitobito no yōna monodesu.

Artinya : Kehidupan terus berkembang. Jika kita berhenti berkembang, secara fisik dan mental, kita sama saja dengan orang mati.

Demikianlah kehidupan, mengalami perkembangan, bahkan apabila kita merujuk pada definisi kehidupan itu sendiri, ialah sesuatu yang mengalami perkembangan.

Perkembangan seperti apa?

Perembangan yang bukan hanya dari segi fisik saja, melainkan mental dan pemikiran, yang pada akhirnya akan menjadikan sikap lebih baik. Apabila salah satu bagian berkembang maka barangkali hidup kita dapat dikatakan belum utuh.

Rasa Empati

誰もが共感感を持っていると思う。 ただ、私たちはそれを示す勇気はありません.

Daremoga kyōkan-kan o motte iru to omou. Tada, watashitachi wa sore o shimesu yūki wa arimasen.

Artinya : Saya rasa semua orang mempunyai rasa empati. Hanya, kita yang tidak memiliki keberanian untuk menunjukkannya.

Apabila kita jabarkan makna dari kata kata bijak Bahasa Jepang di atas, setiap orang memiliki rasa empati, karena rasa tersebut adalah anugrah yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap orang tanpa terkecuali.

Akan tetapi sebagian orang tidak dapat menemukannya, dan sebagian lainnya terlalu kurang berani untuk mengungkapkannya.

Padahal dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat, rasa empati sangat dibutuhkan. Selain dapat memberikan kesejukan dan kebaikan, hal tersebut bisa memberikan kebahagian untuk orang lain.

Cinta

愛があれば何も必要ありません。 しかし、もしあなたがそれを持っていなければ、あなたが持っているものはそれに価値がないでしょう.

Ai ga areba nani mo hitsuyō arimasen. Shikashi, moshi anata ga sore o motte inakereba, anata ga motte iru mono wa sore ni kachi ga naideshou.

Artinya : Kalau kau memiliki cinta, kau tak akan memerlukan apapun. Tapi kalau kau tidak memilikinya, apapun yang kau punyai tak akan terasa berharga.

Kata kata mutiara ini mengisyaratkan kepada kita bahwa cinta adalah hal utama yang harus dimiliki manusia dalam menjalani hidup.

Sebab ketika kita memiliki cinta maka sudah tidak perlu memerlukan yang lain, sedangkan jika tidak memilikinya apapun berasa tidak berharga dan tidak artinya.

Cinta ini berhubungan dengan perasaan, cinta akan mendatangkan kebahagian, kenyamanan dan ketenangan. Sehingga tatkala tidak punya apapun dan hanya memiliki cinta, itu sudah cukup.

Kata Kata Mutiara Bahasa Jepang

Pada dasarnya antara kata mutiara dan kata bijak tidak ada bedanya, sama saja. Hanya saja kebetulan tulisan ini saya bagi dua, yaitu kata bijak dan kata mutiara.

Kata mutiara sendiri ialah sebutan untuk sebuah kata-kata yang memiliki makna dalam tentang kehidupan.

Berikut kumpulan kata kata mutira dalam Bahasa Jepang.

Artikel terkait: kata kata bijak Bahasa Jawa

Menjadi Diri Sendiri

好きではない人もいますが、私たちは誇りを持って自分自身を尊重しなければなりません。 彼らは私たちのようになることができないので、時々他の人が嫌いです。 感謝する.

Sukide wanai hito mo imasuga, watashitachiha hokori o motte jibun jishin o sonchō shinakereba narimasen. Karera wa watashitachi no yō ni naru koto ga dekinainode, tokidoki hokanohito ga kiraidesu. Kansha suru-

Artinya : Kita harus bangga dan menghargai diri sendiri, walau ada yang tidak menyukai. Terkadang orang lain membenci karena tidak mampu menjadi seperti diri kita. Bersyukurlah

Mensyukuri yang dimiliki adalah sesuatu kemulian, termasuk bersyukur menjadi diri sendiri. Biarpun di luar sana terdapat orang-orang yang nyinyir dan tidak suka.

Orang-orang yang tidak suka dengan kita memiliki dua kemungkinan, pertama karena mereka memang benar-benar sudah tidak suka, dan yang kedua karena mereka iri terhadapa apa yang kita miliki.

Kita cukup tenang saja, jagan sampai memikirkan orang-orang semacam itu, yang terpenting tetap melakukan kebaikan dimana pun dan kapan pun.

Bayangan

それはますます追い払われているので、影のような成功。 あなたは悪いことを無視し、そのまま生きなければなりません。 成功を信じてどこでもあなたをフォローします.

Sore wa masumasu oiharawa rete irunode, kage no yōna seikō. Anata wa warui koto o mushi shi, sonomama ikinakereba narimasen. Seikō o shinjite doko demo anata o forō shimasu.

Artinya : Sukses seperti bayangan, karena semakin dikejar semakin menjauh. Kamu harus mengabaikan hal buruk dan menjalani hidup apa adanya. Percayalah kesuksesan akan mengikutimu kemana saja.

Sukses itu menurut kata kata bijak di atas ibarat bayangan, semakin dikejar maka akan semakin menjauh. Maka untuk itu abaikan saja hal yang buruk dan fokus dengan diri sendiri untuk meraih sebuah kesuksesan.

Salah satu ulama ada yang berkata, kesuksesan di dunia ibarat bayangan, semakin dikejar akan semakin menjauh. Maka berbaliklah dan tinggalkan, dengan seketika ia akan mengikuti.

Jangan Takut Bermimpi

あなたが達成したことについて夢を見ることを恐れてはいけません、あなたが望む場所に行きます。 私たちは人生で新しいことをする機会が一つしかないからです。 ガンバッテ.

Anata ga tasseishitakoto ni tsuite yume o miru koto o osorete wa ikemasen, anata ga nozomu basho ni ikimasu. Watashitachiha jinsei de atarashī koto o suru kikai ga hitotsu shika naikaradesu. Ganbatte.

Artinya : Jangan takut bermimpi tentang apa yang kamu capai, pergilah ke tempat yang kamu inginkan. Jadilah seperti yang kamu inginkan, karena kita hanya memiliki satu kesempatan dalam hidup untuk melakukan hal baru. ganbatte.

Setiap orang memilikinya mimpi masing-masing, terlepas dari besar atau kecilnya mimpi tersebut. Akan tetapii kebanyakan dari yang memiliki mimpi ia tidak cukup berani untuk mengejar dan mewujudkannya.

Kata kata di atas mengisyaratkan kepada kita semua untuk berani mengejar dan mewujudkan mimpi-mimpi yang kita miliki.

Kemudian jagan sampai waktu yang kita miliki terbuang begitu saja, padahal hidup ini cuman satu kali. Maka bergeraklah dan raih mimpi.

Jangan Membenci

あなたをノックダウンする人たちを憎むな、彼らはあなたの下にいるので彼らはあなたに悪いことをする。 あなたの人生に貢献してくれた人たちに感謝します

Anata o nokkudaun suru hito-tachi o nikumu na, karera wa anata no shita ni iru node karera wa anata ni warui koto o suru. Anata no jinsei ni kōken shite kureta hito-tachi ni kansha shimasu.

Artinya : Jangan membenci mereka yang menjatuhkanmu, mereka melakukan hal buruk kepadamu karena mereka berada di bawahmu. Berterimakasihlah kepada mereka yang sudah memberikan kontribusi dalam hidupmu.

Benci adalah sbuah sifat yang buruk, bahkan sangat buruk. Islam mengkategorikannya sebagai salah satu penyakit hati, dan apabila tidak diobati maka akan menjadi hal yang berbahaya.

Untuk itu janganlah pernah membeci orang lain, meski mereka tidak suka kepadamu. Bersikap baik dan lemah lembut tentu lebih baik.

Masa Lalu

過去が今あなたの人生を邪魔しないようにしてください。 あなたがまだ過去の奴隷であるならば、あなたは未来に最善を尽くすことはできません。

Kako ga ima anata no jinsei o jama shinai yō ni shite kudasai. Anata ga mada kako no doreidearunaraba, anata wa mirai ni saizenwotsukusu koto wa dekimasen.

Jangan membiarkan masa lalu mengusik hidupmu saat ini. Kamu tidak pernah bisa memberikan yang terbaik untuk masa depan apabila masih menjadi budak masa lalu.

Setiap orang memiliki masa lalu, terlepas baik dan buruknya. Namun yang pasti cukuplah masa lalu menjadi pelajaran untuk masa yang akan datang.

jangan sampai masa lalu tersebut terus terbawa hingga saat ini, jika demikian maka sudah dipastikan kita tidak akan pernah bisa beranjak dan sulit untuk sukses.

Penutup

Demikian kata mutiara dan kata kata bijak dalam Bahasa Jepang yang dapat sajikan. Kata kata bijak ini diambil dari berbagai sumber yang kemudian penulis berikan pandangannya terhadap kata bijak tersebut.

Apabila terdapat kekurangan, kekeliruan dan kesalahan mohon untuk dimaafkan. Semoga tulisan ini mendatangkan manfaat bagi kita semua.

Gambar kata kata bijak Bahasa Jepang di atas diperkenankan untuk diambil dan dijadikan sebagai sotory Instagram dan status Whatsapp.

You might also like

2 Replies to Kata Kata Bijak Bahasa Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *