kesendirian
Kata-Kata

Kata Kata Kesendirian

berkata.net – Kata kesendirian dan menyendiri untuk beberapa waktu rasanya akan lebih baik ketika hati sedang terluka.

Sebab tak selamanya kita menginginkan kehidupan yang ramai, terkadang perlu kesendirian. Ada banyak alasan untuk itu, salah satunya menyembuhkan luka yang dibuat oleh kekasih, teman, kerabat atau bahkan lingkungan.

Kesendirian menjadi kata yang sangat pas rasanya ketika hal itu terjadi, menyendiri akan membuat semuanya lebih tenang dan baik.

Saat sendiri tanpa siapapun kita memiliki waktu untuk bercengkrama dengan diri sendiri, yang mungkin sebelumnya terlalu sibuk dengan urusan lain.

Berikut kumpulan kata kata bijak atau quotes tentang kesendirian.

Kata Kata Kesendirian Dalam Kehidupan

kata kata kesendirian
Quotes kesendirian oleh berkata

1. Orang yang Mampu Membuatmu Tersenyum

Kadang, ketika sedih, kamu menyendiri. Karena kamu tahu satu-satunya orang yang mampu buatmu tersenyum kembali adalah dirimu sendiri.

Diantara kita bisa jadi pernah atau bahkan seringkali melakukan ini, saat sedih hal yang kita butuhkan adalah menyendiri, bukan yang lain.

Sebagian orang percaya, bahwa dengan menyendiri akan membuat semuanya lebih baik dan terkendali.

Saat sedang menyendiri kita akan mampu berbicara dengan hati, mengetahui sebenarnya pa yang diinginkan.

Menyendiri rasanya menjadi pilihan yang sangat tepat tatkala kita tidak lagi memiliki solusi dan pilihan lain atas apa yang sedang dihadapi.

2. Manusia Membutuhkan Sesama

Jangan pernah merasa menyendiri akan lebih baik, karena manusia tercipta menjadi mahluk yang membutuhkan satu sama lain.

Meskipun menyendiri dapat menjadi pilihan ketika sedang bersedih dan memiliki berbagai persoalan hidup, namun bukan berarti ini dapat dilakukan selamnya.

Sebab dalam kehidupan, pada hakikatnya manusia diciptakan bersama untuk melakukan berbagai hal.

Dari kata kata di atas kita belajar bahwa kesendirian dan menyendiri itu hanya sementara waktu saja.

Saat diri kita dan semuanya telah membaik kembali, maka hiduplah seperti biasanya, menjadi seoarang dan pribadi yang mampu hidup bersama.

3. Teman Selalu Ada

Ketika kalian sedang menyendiri, ingatlah teman kalian bahwa mereka selalu ada disamping kalian, dan janganlah kalian menyendiri lagi.

Kata kata ini seakan menjadi isyarat untuk kita, bahwa dalam kesendirian sekalipun seorang teman tetap ada menunggu disamping kita.

Seorang teman bisa saja memberikan waktu kepada kita untuk menyendiri beberapa saat, namun bukan berarti kita tidak kembali lagi pada mereka.

Menyendiri akan menjadi hal yang baik ketika dilakukan hanya sesaat, ia akan menjadi hal yang sangat buruk apabila dilakukan terus menerus.

4. Merencanakan

Terkadang kita butuh ruang untuk menyendiri, menyelami apa yang telah terjadi dan merencanakan yang lebih  baik untuk hari selanjutnya.

Salah satu hal baik saat menyendiri yaitu dapat menyelami apa yang telah terjadi dan merencanakan hal yang llebih baik untuk selanjutnya, termasuk tentang masa depan.

Dengan menyelami apa yang telah terjadi kita akan sadar banyak hal, dari mulai kesalahan, kekeliruan, hingga kelemahan yang ada pada diri kita.

Sehingga bukan tidak mungkin kita berubah secara drastis ke arah yang lebih baik. Sedangkan perencanaan akan membuat diri kita menjadi seorang yang semakin matang, hati hati dalam bertindak dan bersikap.

5. Menyelimuti Jiwa Dalam Keheningan

Menyendiri menyelimuti jiwa dalam keheningan adalah cara terbaik untuk menjauh dari cercaan, hinaan, bullyan oleh orang yang ingin dianggap siapa tapi bukan apa-apa.

Sebagian orang atau mungkin di antara kalian pernah mengalami seperti pada kata di atas, dimana menyendiri adalah sebuah pilihan untuk menghindari hinaan, cercaan dan bullyan yang dialami.

Tentu ketika menyendiri dalam keadaan seperti ini akan membuat tenang diri dan hati kita, bagaimana tidak sebab terhindar dari hal yang membuat risih.

Mengapa hinaan, cercaan dan bullyan lebih baik kita hindari, sebab jika tidak hanya akan membuat luka semakin dalam.

Semakin dalam luka tersebut, sudah dipastikan akan semakin sulit untuk disembuhkan. Satu satunya caru untuk menyembuhkan itu ialah dengan cara menyendiri.

6. Meski Tanpa Kekasih

Meski tanpa kekasih , aku tak merasa sendiri, banyak sahabat yang selalu menemani ,senyum pun canda selalu menghias.

kata kata menyendiri tanpa kekasih ini mengajarkan suatu hal pada kita, yaitu masih ada orang yang peduli dengan kehidupan kita, keluarga dan sahabat.

Sebelum memiliki kekasaih, keluarga dan sahabat sudah telah lama hadir menghiasi kehidupan kita.

Untuk itu jangan pernah menghianati keluarga sahabat demi seoarang kekasih, sebab ia mungkin saja suatu hari nanti menggoreskan luka di dada.

7. Fokus Mengabdi Kepada Orangtua

Semakin kesini semakin menikmati menjalani hari-hari tanpa kekasih hati. Lebih memilih memfokuskan diri pada bapak ibuk sendiri. Sepertinya begitu akan lebih berarti.

Hidup ini adalah sebuah pilihan, begitu juga dengan kekasih hati, ada orang yang memilih untuk tidak menghabis waktu dengannya karena alasan yang sangat mulia, yaitu mengabdi kepada orangtua.

Hal ini tentu tidaklah jadi persoalan, sebab memang hidup demikian adanya. Kata kesendirian ini pada akhirnya mengajari kita untuk melakukan hal yang lebih baik dari waktu ke waktu.

8. Sendirilah

Sendiri lah, Jika itu membuat mu nyaman. Sendiri lah, Jika itu membuat mu jadi lebih baik. Sendiri lah, Jika itu membuat mu lebih bahagia.

Kesendirian itu biasa jadi sebuah pilihan, sebab ada sesuatu yang tidak nyaman dan mengenakan itu dapat dilakukan.

Dari kata kata tersebut kita dapat belejar jika kesesendirian menghantarkan kenyamanan dan kebahagian, itu tidak jadi masalah.

9. Sendiri di Jalan yang Terang

Lebih baik sendiri di jalan yang terang daripada dibersamai dengan seseorang tapi pelan-pelan membawamu pada sisi gelap dari kehidupan. – Dian Hasriana

Dari sini kita dapat belajar, kesendirian lebih baik dalam kebenaran, jika dibandingkan bersama namun dalam keburukan.

Dalam hal ini kita tida terfokus pada kata kesendirian atau kebersamaan, melainkan pada kebaikan dan keburukan.

Kebersamaan dalam keburukan akan mendatangkan ketidak tenanagan, dan bukan tidak mungkin dapat membuat hancur segalanya.

Sedangkan kesendirian dalam kebaikan setidaknya akan menghantarkan kita pada kebahagiaan dan ketenangan.

Maka untuk itu alangkah lebih baiknya kita bersama dalam kebaikan, saling mengingatkan dan saling menuntun.

10. Lebih Baik Sendiri

Terkadang, ada saat di mana kamu tak ingin mencintai atau dicintai, tapi kamu akan merasa lebih baik ketika kamu sendiri.

Bukan hanya dalam persoalan hidup saja, kesendirian terkadang penjadi kata kata ampuh dalam percintaan.

Ketika sudah merasa jenuh dengan percintaan, maka biarkanlah diri ini rehat sejenak dan menyendiri.

Maka dengan demikian kesendirin itu rasanya akan membuat lebih baik segalanya, dan bahkan menguatkan jiwa.

Kata Kata Kesendirian Ingin Menyendiri

kata kata menyendiri
Quotes kesendirian oleh berkata

1. Tenggelam di Lautan Cinta

Aku tenggelam di lautan cinta yang kau ciptakan, menggenggam kesendirian kisah yang pernah kita tanam. Hingga akhirnya cinta kita perlahan karam dihantam pejam.

Sebuah kata kata yang menggambarkan tentang kesendirian cinta, kata kata ini sangat indah dan puitis sekali, barangkali sangat cocok dijadikan caption instagram yang patah hati.

Kondisi yang demikian bisa terjadi kepada siapapun termasuk kalian, sebab kehidupan ini amat dinami, terkadang sulit untuk kita prediksi.

Meski demikian kita harus tegar, setegar batu karang yang terus menerus diterjang ombak, namun ia tetap kokoh.

2. Membunuh Luka

Memberikan nasihat kepadanya agar bersabar dalam kesendirian adalah menyembuhkan luka. Mengajaknya menikah agar tidak lagi sendirian adalah membunuh luka.

Rasanya ini adalah hal yang sangat indah untuk kita lakukan bersama, saling menasehati dalam kebaikan, terlebih untuk seoarang laki-laki dapat mengajak pujaan hati untuk menikah.

Bukan tidak mungkin kesedihan itu akan sirna dengan seketika, hilang tidak berbekas dan digantikan dengan kebahagian.

Bukankah hampir setiap orang mencari kebahagiaan di dunia ini?

Kita bisa menjadi jembatan untuk kebahagiaan orang lain, dengan demikian secara tidak langsung kebahagiaan yang sama akan kita rasakan.

3. Kesendirian yang Menenangkan

Bila canda sudah tidak bisa membuatmu tertawa, Perih sudah tidak bisa membuatmu sedih. Maka, berbahagialah dalam kesendirian dan hanya ditemaniNya.

Kesendirian itu akan sangat indah jika digunakan untu merenungi kehidupan, bermmunajat kepada sang pencipta, serta mengenal diri lebih lama lagi.

Hal yang demikian ini terkadang amat dibutuhkan oleh diri, tidak harus selalu mengunggu patah hati dan sedih.

Alangkah baiknya memiliki waktuu waktu tertentu untuk menyendiri dan merenungi kehidupan.

Semakin sering maka kita akan semakin bijak dalam memandang kehidpan, dan akan mersakan bahw kehidupan dunia ini hanya setets saja.

4. Kesendirian Membuat Mengerti

Kesendirian ini membuatku banyak mengerti, bahwa dunia ini begitu sempurna untuk dinikmati.

Ada banyak hal yang dilakukan saat kita sendiri, mengeksplorasi berbagai hal yang ada di dunia, terkadang banyak ide bermunculaln di sana.

Dari pada itu sudah sepatutnya kita menyempatkan diri untuk merenung dan menyendiri, barangkali banyak hal yang terlewat untuk kita pikirkan.

5. Aku Bukan Anti Sosial

Aku bukan anti sosial, tapi aku hanya menikmati kesendirian. karna di luar sana terlalu banyak kebencian, aku butuh kedamaian.

Sering menyendiri bukan berarti anti sosial, namun berada dalam kesendirian itu cukup menenagkan dan tidak perlu mendengarkan kata kata yang membuat hati terluka.

Sebab di luar sana tidak sedikit orang yang mengumbar nafsu dan kebencian, hal itu tentu hanya akan membuat hati semakin rusak.

Menyendiri mungkin menjadi jalan terbaik dalam menemukan kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup.

6. Kesendirian Itu Bukan Cela

Kesendirian itu bukanlah cela, melainkan waktu yang diberikan-Nya untukmu. Kesempatan untuk menata hidup kamu. – Merry Riana

Orang orang hebat seperti Merry Riana pun memiliki pemikiran bahwa kesendirian itu bukanlah hal tercela atau buruk.

Justru dengan menyendiri ini kita dapat menatap dan me-rekonstruksi kehidupan yang telah kita lewati.

Sehingga semakin hari semakin bijak dalam menjalani kehidupan penuh pertimbangan. Menyendiri seolah hal untuk mereset hidup.

7. Membosankan Tapi Menenangkah

Kesendirian membosankan tetapi menenangkan.

Rasanya kita akan sepakat dengan hal ini, bahwa kesendirian adalah sesuatu yang membosankan sekaligus menenagkan.

Mengapa bisa demikian?

Membosankan sebab sangat jarang menyendiri, jauh dari hiruk pikuk kehidupan dunia, dan menenangkan karena hati ini butuh sendiri untuk mengoreksi banyak hal.

8. Orang yang Berani

Dunia ini hanya milik orang berani melangkah, berani mengalami kekecewaan, dan berani mengalami kesendirian.

Keberanian menjadi modal yang begitu penting dalam menjalani kehidupan di dunia, mereka yang sukses berani dalam segala hal, termasuk berani dalam kesendirian.

Mereka yang berani sangat sadar bahwa kehidupan ini seperti permainan dan sangat dinami, tidak mungkin seorang berada dalam tempat yang sama jika berani untuk melangkah dan menerima tantangan.

9. Seorang yang Introvert

Kenikmatan sejati bagi seorang introvert ialah kesendirian.

Manusia adalah mahluk yang begitu unik, salah satu tandanya ialah memiliki sifat berbeda-beda.

Bagi seorang yang pernah berada pada posisi introvert, kesendirian itu adalah kata yang sangat indah, melebihi puisi. Kesendirian menjadi kata yang dapat mewakili kenyamanan, ketenangan dan kebahagian.

Mengerjakan banyakan hal sendiri barangkali lebih menyenangkan ketimbang harus mengerjakan sesuatu dengan orang lain.

10. Kesendirian Menyukaiku

Aku membenci kesendirian, tapi kesendirian menyukaiku.

Sebenci-bencinya seorang dengan kata sendiri dan kesendirian, suata saat ia akan mengalami hal tersebut.

Bahkan bukan tidak mungkin hal yang tidak disukai itu menjadi sesuatu yang didambakan suatu saat nanti.

Kata Kata Bijak Menyendiri dalam Kesendirian

quotes kesendirian
Kata kata mutiara kesendirian oleh berkata

1. Meninggalkan Mereka

Kita memang kadang merasa ditinggalkan. Tetapi sebenarnya kitalah yang meninggalkan mereka dengan kesendirian kita.

Terkadang hidup itu kalo tidak ditinggalkan, ya meninggalkan. Anggapan orang memang bisa berbeda satu dengan yang lainnya.

Sebuah anggapan itu bisa saja salah, bisa juga benar, namanya juga anggapan. Sama halnya dengan kata kata di atas ketika kita merasa ditinggalkan, padahal sebenarnya saat kita memutuskan untuk menyendiri, sesungguhnya kita sedang meninggalkan mereka.

2. Menderita Dalam pernikahan

Mencari pasangan hidup karena membenci kesendirian, beresiko menderita dalam pernikahan. – Mario Teguh.

Siapa yang tidak kenal dengan Mario Teguh, ia sempat sangat populer karena memiliki acara televisi yang disebut dengan “Golden Ways”.

Kata Mario Teguh ketika kita mencari pasangan dengan alasan kesendirian, pernikahannya kemungkinan akan bermasalah.

3. Bersama-sama Lebih Baik

Jangan pernah bergumul dalam kesendirian. Bersama-sama lebih baik dan dapat meringankan beban pribadi.

Kalo bisa bersama sama menjalani kehidupan tidak seharusnya kitas sendri dan menyendiri. Kesendirian barangkali hanya untuk sesaat saja, jangan sampai selamanya kita menyendiri.

Kesendirian terkadang harus menjadi kata yang kita hindari dalam kamus kehidupan, atau setidaknya kita dapat mengendalikan hidup.

4. Memberi Arti pada Kesendirian

Terbiasa sendiri akan membuat lebih menghargai kebersamaan. Keseringan bersama, akan kesulitan memberi arti pada kesendirian.

Inilah salah satu alasan mengapa terkadang kita merasakan kesendirian, sebab saat bersama kita akan lebih menghargainya.

Barangkali ini adalah sifat alamiah yang dimiliki oleh seorang manusia, gampang lupa dengan sesuatu hal termasuk kenikmatan bersama.

Maka hal terbaik yang dapat kita lakukan ialah bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah, sendiri bahagia, begitupun saat bersama.

5. Kesendirian Tidaklah Menyenangkan

Jangan pernah sakiti mereka yang ada didekatmu dan menyayangimu, hingga mereka meninggalkanmu. Kesendirian tidak menyenangkan.

Kesendirian itu akan menyenangkan apabila sebentar, sedang ketika terus menerus dia akan akan sangat membosankan dan menyedihkan.

Ketika kita memiliki orang orang yang baik disekitar kita maka jaganlah menyakiti mereka, sayangi mereka sepenuh hati, hargai setiap pengorbanan dan pemberiannya.

6. Kesendiri Tidaklah Sama dengan Kemandirian

Tiada kehidupan yang dapat ditempuh sendirian. Kemandirian memang diperlukan, tetapi tidaklah sama dengan kesendirian.

Kata kata ini mengajarkan tentang persepsi kepada kita bahwa kesendirian tidak sama dengan kemandirian.

Jika ada seoarang yang menyebut kesendirian dan kemandirian adalah sesuatu hal yang sama, maka barangkali itu kuranglah tepat.

Kesendirian itu adalah sebuah kondisi, dimana seorang sendiri atau bahkan sengaja menyendiri. Sedangkan mandiri adalah seorang yang dapat melakukan hal hal sendiri, artinya tidak mengandalkan orang lain.

7. Stimulasi Pikiran Kreatif

Kemapanan dan kesendirian dari ketenangan hidup mampu menstimulasi pikiran kreatif kita. – Albert Einstein.

Nah ini salah satu alasan seorang manusia membutuhkan waktu sendiri dan mencari ketenangan dari kesendiri tersebut, yaitu untuk memicu pemikiran kreatif.

Ide ide yang cemerlang tidak jarang muncul dan tumbuh saat sedang sendri, bahkan pemikiran kreatif meletup-letup seperti halnya bom atom

8. Dalam Kesendirian Itu Tidak Ada Kesunyian

Hakikatnya di dalam kesendirian tidak pernah ada kesunyian dan sepi itu hanya doktrinasi ilusi.

Ada yang tau kata kata di atas demikian? Sebab dalam kesendirian sekalipun kita masih bisa berbicara dengan diri sendiri.

Sehingga kesunyian sepi itu hanya doktrinasi semata, pada nyata tidaklah demikian, bahkan bisa jadi dalam kesendirian hati lebih ramai.

9. Kesendirian Membuatku Mengerti

Kesendirian membuatku mengerti apa itu kamu. Menyesalnya aku tanda aku masih menyayangimu. Maafkanlah.

Kesendirian dalam cinta barangkali hal yang sering dialami oleh anak muda saat ini. bagaimana satu sama lain dapat saling mamami perasaan dalam urusan cinta.

dalam sebuah hubungan yang namanya pasang surut sangatlah wajar, kadang sangat harmonis, dan kadang juga bertengkar.

Saat permasalahan hinggap, menyendiri adalah sebuah kata yang sangat tepat, supaya masing-masing bisang merenung.

10. Asing Dalam Keramaian

Entahlah, kadang diri terasa asing, berada di tengah keramaian namun tetap dalam kesendirian.

Tidak sedikit juga orang yang merasakan seperti ini, merasa terasing dalam keramaian, meski bersama, rasanya merasa sendiri.

Dari sini kita belajar, kesendirian itu bukan soal ada yang menemani atau tidak, tapi soal urusan hati.

Kata kata Mutiara Kesendirian dan Menyendiri

kata kata ingin sendiri dulu
Kata kata mutira kesendirian oleh berkata

1. Lari dari Hidup Sesekali

Larilah dari hidup,sesekali. Nikmati kesendirian,sebentar. Karena jenuh akan menghampirimu.

Jenuh itu senan tiasa menghampiri, maka tidaklah salah quotes kesendirian di atas menyebutkan demikian.

Ketika jenuh menghampiri, salah satu pilihannya adalah lari dan menyendirilah, mungkin dalam kesendirian itu kita akan menemukan banyak hal yang mendatangkan manfaat.

2. Kesendirian Membuat Kita Berpikir

Kesendirian membuat kita berpikir apa yang belum kita miliki dan apa yang harus kita miliki sekarang.

Meskipun berpikir bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, namun saat sendiri berpikir rasanya menjadi lebih sangat mudah.

Dalam hidup tentu saja banyak hal yang harus kita pikirkan, baik tentang kehidupan saat ini ataupun untuk masa yang akan datang.

3. Maaf Biarkan Aku Sendiri

Maaf, bukan aku lalai atau sengaja mendiamkanmu. Maaf, biarkan kali ini aku berteman dengan kesendirian.

Mendiamkan seseorang bukan berarti tidak cinta atau bahkan tidak sayang lagi, namun kita butuh waktu untuk menyendiri, merenung dan berbicara dengan hati sendiri.

Saat seperti ini , sebaiknya jangan pernah menyalahkan siapapun, cukup mengertilah, setiap orang membutuhkan waktu untuk sendiri.

4. Sukses Bersama

Sukses tak pernah bisa didapat dalam kesendirian, maka bersinergilah dengan orang lain.

Berbica soal sukses tentu banyak parameter atau ukurannyya, namun salah satu yang dapat mendorong kesuksesan lebih cepat ialah kerjasama dan bersinergi dengan yang lain.

Karena manusia adalah mahluk yang terbatas, tidak dapat melakukan semua hal dengan sendiri, butuh kerja sama dan bantuan orang lain.

5. Beda Antara Sendiri dan Rasa Sendiri

Bedakan antara sendiri dan merasa sendiri. Di tengah keramain tak menjamin seseorang bebas dari kesendirian dan kesepian.

Kata sendiri dan merasa sendiri itu jelas berbeda, samahalnya dengan kata kesendirian dan menyendiri.

Sendiri itu hal yang sudah jelas jelas tidak ada siapa siapa, hanya kita di sana. Sedangkan merasa sendiri adalah soal perasaan, bisa saja ramai, namun tetap merasa sendiri.

6. Bedanya Single dan Jomblo

Single itu butuh kesendirian karena pasangan, jomblo butuh pasangan karena sendirian.

Dari kata kata di atas kita tahu perbedaan antara single dan jomblo, meskipun sama sama menjalani hidup dalam kesendirian tanpa pasangan.

Setelah tahu ini, jangan pernah samakan antara single dan jomblo, karena barangkali jelas berbeda ya.

7. Ayo Bangkit

Ayo bangkit dari kesedihan dan dari rasa kesendirian,karena di luar sana masih banyak yang peduli dengan mu dan sayang pada mu.

Saat kamu merasa sedih dan sendiri, ingatlah masih banyak orang orang terdekat yang sayang kamu.

Rela mengorbankan banyak hal agar kamu bahagia dan tersenyum. Janganlah terus bersedih, sebab itu akan membuat sedih orang terdekatmu.

8. Fatamorgana

Kesendirian adalah fatamorgana, kebersamaan adalah kehidupan sesungguhnya.

Kata kata di atas memberikan pengetahuan baru pada kita tentang kesendirian, yang mana katanya adalah sebuah fatomorgana.

Dengan demikian kita tidak seharus merasa sendiri, sebab semuanya dapat kita usahakan termasukan pertemenan yang dapat membangun diri kita.

9. Aku Bisa Tanpamu

Kesendirian sedikit banyak mengajarkanku bahwa aku bisa tanpamu.

Salah satu hal positif yang kita dapatkan dari kesendirian, yaitu kita bisa belajar untuk mandiri, hidup tanpa bantuan orang lain.

Namun bukan berarti kita menjadikan kesendirian sebagai jalan yang akan terus kita pijak, sebab menyendiri itu ibarat persinggahan.

10. Keheningan yang Bermakna

Jangan jadikan kesendirian sebagai kesepian yang menyiksa. Jadikanlah kesendirian sebagai keheningan yang bermakna.

Kata kata atau quotes di atas merupakan nasehat tentang kesendirian, bagaimana seharusnya kita bersikap apabila sedang seniri.

jangan sampai hal tersebut membuat kita lemah tak berdaya, justru harus menjadikan kita semakin kuat dan tumbuh dewasa.


Sendiri bukan berarti lemah, justru kesendirian itu harus kita jadikan sebagai hal yang bermakna, menjadikan semuanya lebih baik.

kesendirian juaga adalah pilihan. sehingga tidak jarang kita mendengar kata kata “ingin sendiri dulu”.

Demikianlah kumpulan kata kata bijak atau quotes tentang kesendirian dan menyendiri yang dapat saya rangkum.

You might also like

2 Replies to Kata Kata Kesendirian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *