orang tua, kata kata mutiara bahasa sunda kahirupan
Kata-Kata

Kata Mutiara Bahasa Sunda Kahirupan

Berkata.net – Kita masih akan membahas mengenai kata bijak Bahasa Sunda dengan pembahasan kata kata mutiara Bahasa Sunda Kahirupan. Apabila kita artikan ke dalam Bahasa Indonesia, kahirupan artinya adalah kehidupan.

Jika kalian bertanya-tanya seperti apa kata kata mutiara Bahasa Sunda kahirupan, salah satu contohnya ialah.

Mulih ka jati, mulang ka asal

Kata kata di atas, begitu populer di sunda, diucapkan ketika ada orang yang meninggal dunia, karena konteksnya memang sangat pas sekali.

Artinya yaitu, semua yang berasal dari maha kuasa, maka akan kembali kepada-Nya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kumpulan kata kata mutiara Bahasa Sunda kahirupan dan artinya.

Kata Mutiara Bahasa Sunda Kahirupan Singkat

kata kata sunda
Dibuat oleh berkata.com

Berikut adalah kumpulan kata kata sunda kahirupan singkat yang dapat kalian jadikan pembelajaran hidup.

Sebab tidak sedikit kata kata ini mengandung nasehat dan makna yang sangat dalam. Hal tersebut sama hal nya dengan kata kata bijak dari daerah lain, misal kata kata bijak dalam Bahasa Minang.

#1. Ditertawakan Orang Lain

Misalkéuna aya jalmi anu nyéngséurikéun urang, ulah baé ngarasa ngarasula, Sabab nu diluhur mah bakalan térus masihan jalan pikéun urang.

Misalkan ada seseorang yang menertawakan kita, jangan sampai merasa terganggu dan jadi masalah, sebab Allah pasti memberikan jalan untuk kita semua.

Dalam menjalani kehidupan ini tidaklah perlu ada yang di khawatirkan, termasuk perkataan dan perbuatan orang lain, biarlah Allah yang membalasnya.

Kemudian terkadang juga tatkala kita sedang berjuang dan melakukan sesuatu hal, ada beberapa orang, entah itu tetangga, kerabat ataupun teman yang meragukan dan menertawakan kita bukanlah sebuah masalah.

Kita hanya perlu yakin saja kepada Allah dan diri sendiri bahwa kesuksesan itu akan segera datang.

Mereka menertawakan kita, balaslah mereka dengan sebuah pembuktian, Insha Allah dengan demikian semuanya akan baik.

Supaya kalian lebih kuat, bisa juga membaca buku-buku orang suses, salah satunya adalah novel 9 summers 10 autmns dari Mas Iwan Setiawan.

#2. Musuh Terbesar adalah Rasa Takut

Musuh anu kalintang bahaya di dunya iéu nyaéta rarasa’an siéun saréng hariwang. Sedéungkéun reréncangan anu kalintang satia nyaéta kayakinan saréng kawanian urang.

Musuh yang paling bahaya di dunia ialah perasaan takut dan khawatir. Sedangkan teman setia adalah keyakinan dan keberanian.

Tidak dapat dipungkiri, rasa takut dan khawatir terus ada menyelimuti diri, padahal rasa tersebut amatlah berbahaya bagi kehidupan kita.

Sebisa mungkin kita hilangkan rasa takut tersebut dengan memupuk rasa keyakinan yang dalam di dada.

Dengan demikian, semoga perasaan takut dan khawatir semakin berkecil, sedangkan rasa yakin dan keberanian semakin tumbuh.

#3. Setiap Orang Pernah Sedih

Téu aya jalmi di dunya iéu nu hirup téu maké nalangsa. Kabeh jalma gé tangtos bakalan ngarasa nalangsa. Nanging tina rarasaan nalangsa éta urang kédah tiasa hudang déui.

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang hidup tanpa pernah sedih, semua orang sudah pasti pernah merasakan yang namanya kesedihan. Akan tetapi dari rasa sedih tersebut kita harus mampu bangkit kembali.

Kita semua rasanya akan setuju dengan kata mutiara sunda di atas, bahwa yang namanya sedih atau kesedihan itu pernah hinggap di semua orang, termasuk kalian.

Kesedihan barangkali tidaklah memandang kekayaan, jabatan ataupun status, sebab hal ini adalah sunatullah, kebalikan dari kesenangan.

Senang dan sedih senantiasa beriringan mewarnai kehidupan, silih berganti, sama halnya seperti malam dan siang.

Akan tetapi yang terpinting bukanlah kesedihan tersebut datang kapan, melainkan bagaimana seharusnya kita bersikap.

Jangan sampai kesedihan tersebut membuat kita terus terjelembab berada di bawah, namun sebaliknya kita harus mampu bangkit dan berjalan kembali.

#4. Jangan Diam

Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing.

Biarpun tidak berlari, tapi janganlah diam.

Kata mutiara Bahasa Sunda kahirupan di atas mengajarkan kepada kita untuk jangan berdiam diri, jika tidak bisa berlari setidaknya jangan diam.

Kata mutiara ini berlaku untuk segala hal, mulai dari memperjuangkan mimpi, hingga menjalani kehidupan.

Seperti apa kata Pak Habibi, bahwa kehidupan ini ibarat mengayuk sepeda, jika tidak dikayuh makan akan terjatuh. Mengayuh sepeda tentu tidak harus cepat-cepat, cukup pelan-pelan saja yang penting maju.

#5. Dunia adalah Tempat Mengembara

Jadikeun kahirupan di dalam dunia kaya-kaya keur ngumbara atawa ngaliwat dina hiji Jalan.

Jadikanlah kehidupan di dunia seperti pengembaraan atau seperti melewati suatu jalan.

Pada intinya dunia ini bukanlah tujuan, melainkan hanya tempat kita lewat dan persinggahan saja.

Selayaknya tempat persinggahan, kita tidak akan merasa betah di sana, sebab kita harus melanjutkan perjalanan.

Lalu dimanakah tempat tujuan kita? Tempat tujuan kita semua, tidak lain tidak bukan ialah negeri akhirat.

Bukanlah dunia ini adalah tempat pembuangan Nabi Adam, namun mengapa kita begitu betah di sini.

Kata Mutiara Bahasa Sunda Kahirupan Sedih

kata kata bijak bahasa sunda kahirupan
Dibuat oleh berkata.com

Sedih boleh saja, namun janganlah kesedihan tersebut mengalahkan segalanya. Hal terbaik yang dapat kita lakukan saat sedih ialah mendatangkan tekad dan motivasi yang kuat di dalam diri.

Motivasi itu dapat datang dari manaja saja, salah satunya dari kata kata mutira Bahasa Sunda berikut ini.

#1. Mensyukuri Makanan

Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku urang tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang

Sebelum kita mengeluh mengenai apa yang dimakan, coba kita bayangkan sejenak orang-orang yang tidak memmpunyai makanan sama sekali.

Pernahkah kalian berfikir seperti ini? Memikirkan mengenai orang yang tidak memiliki makanan sama sekali.

Mensyukuri setiap pemberiannya adalah perbuatan yang amat mulia, termasuk mensyukuri makanan yang setiap hari kita makan.

Banyak orang di luar sana yang tidak memiliki makanan dan kelaparan, bahkan tidak jarang meninggal akibat kelaparan.

Sebagai contohnya di negara-negara yang terkena konflik, seperti Palestina dan Suriah, mereka mungkin tidak pernah memikirkan makanan, karena setiap harii harus bertaruh nyawa.

Mulai saat ini marilah bersyukur.

#2. Ujian Kehidupan

Sagala masalah nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen, nanging eta kanggo nguji sabaraha kuat anjen tiasa nahana.

Semua masalah yang datang hari ini, bukanlah untuk menjatuhkan kalian, melainkan untuk menguji seberapa kuat kalian bisa menahannya.

Semua orang saya yakin ingin melewati kehidupan ini tanpa ujian dan beban, namun ingatlah justru ujian itulah yang akan semakin memperkuat kita.

Jika tanpa ujian, bagaimana kita akan mendapatkan hal-hal besar di kemudian hari. Jika pun kita mendapatkannya barangkali kita tidak akan kuat.

Semua persoalan dan masalah memiliki masing-masing hikmah yang akan membuat kita semakin teguh dengan kehidupan ini.

Kemudian pertanyaannya, kuatkah kita dengan semua ujian ini? Jawabannya kita harus kuat dan berusaha kuat.

Semoga kita menjadi orang yang kuat dan tegar dalam menjalani setiap proses kehidupan ini.

#3. Jangan Pernah Menyerah

Entong sakali-kali nyerah lamun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!

Jangan sekali-kali menyerah, jika kalian merasa masih sanggup.

Buanglah kata menyerah dalam pikiran kalian, sebab hidup ini penuh dengan rintangan. Jika setiap waktu memiliki persoalan, apakah kalian aka terus menyerah?

Bertahan dan terus berusaha adalah pilihan yang sangat tepat, menjadi seorang yang kuat dan tangguh.

Menyerah itu artinya gagal, sedangkan berusaha memperjuangkan adalah keberhasilan. Maka jadilah orang-orang yang berusaha dan berhasil.

#4. Mensyukuri Kehadiran Anak

Sa’acan urang ngarasakeun ngeluh ka barudak (anak-anak) urang, pikirkeun heula ka jalmi anu mandul, anu hoyong pisan ngagaduhan anak.

Sebelum kita mengeluh kepada anak-anak kita, coba pikirkan terlebih dahulu orang yang mandul, yang sangat ingin memiliki anak.

Anak adalah titipan yang harus kita jaga dan rawat, kehadiran anak adalah anugerah yang sangat besar, jika kita menyia-nyiakannya, berarti kita telah menyia-nyiakan anugerah dan titipan-Nya.

Bisa jadi juga anak-anak kita akan menghantarkan ke surga, menjadi asbab terhapusnya dosa serta bertambahnya pahala.Bukankan anak yang soleh dan soleha merupakan harta terbaik.

Jadi jangan sampai kita mengeluh memiliki anak, yang harus kita lakukan ialah mensyukuri dengan cara merawat dan mendidik sebaik dan semaksimal mungkin.

#5. Mensyukuri Kehidupan

Sa’acan urang ngeluh sabab ngarasa ka diri sorangna paling buruk, cobi pikirkeun heula ka jalmi-jalmi nu aya dina tingkat paling buruk di kahirupana.

Sebelum kita mengeluh sebab diri sendiri merasa paling buruk, coba pikirkan dan bayangkan orang-orang yang memiliki tingkat kehidupan paling buruk.

Sesekali kita harus melihat ke bawah, terutama soal urusan dunia, sebab dengan demikian kita akan menjadi orang yang bersyukur.

Bersyukur adalah hal yang amat muliah, merasa cukup atas rizki dan pemberiannya, serta nikmat-nikmat lain yang mungkin tidak pernah kita sadari.

Bersyukur juga akan membauat ahti menjadi tenang, tidak gelisah, bahkan bukan tidak mungkin menjadi obat untuk penyakit hati.

Brsyukur akan membawa kita pada kebahagian. Bahagia itu bukan soal harta, tapi banyak hal.

Semoga kita menjadi orang yang bersyukur, mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat.

Kata Mutiara Sunda Kahirupan Kasar

kata kata bijak sunda kahirupan
Dibuat oleh berkata.com

Kata kata mutiara dalam Bahasa Sunda ini mungkin akan menjadi nasehat dan pengingat bagi kalian, terutama anak muda.

Bahasa Sunda yang digunakan memang sedikit kasar, tapi bukan berarti tidak memiliki makna dan pembelajaran yang baik.

Meskipun menggunakan bahasa yang sedikit kasar, banyak hal dan nasehat yang dapat kita petik.

Artikel Terkait : kata kata bijak Bahasa Melayu

#1. Jangan Banyak Keinginan

Hirup mah tong loba kahayang lur mun menta keneh ka kolot.

Hidup jangan banyak keinginan, jika masih minta sama orang tua.

Hal ini biasa terjadi pada anak-anak remaja, yang serba memiliki keinginan, mulai dari ingin kendaraan yang bagus, handphone keluaran terbaru, hingga ingin jalan-jalan.

Sebelum memikirkan kkeinginan, sebaiknya lihat dulu kondisi orang tua, apakah mereka sedang ada atau sebliknya.

Jika sedang ada, bisa jadi tidaklah masalah, bagaimana jika mereka dalam keadaan tidak punya uang.

Bukan tidak mungkin mereka menjadi bersedih gara-gara tidak bisa memenuhi kebutuhan kita.

Sebagai anak harus berfikir bahwa suatu saat kita akan menjadi orang tua. Barangkali kita tidak menginginkan jika anak kita bersikap demikian.

#2. Bekerja Semaksimal Mungkin

Digawe satakeur kebek eungke oge milik mah nuturkeun.

Bekrjalah dengan maksimal, nanti rezeki bakal menyusul.

Melaukan sebuah pekerjaan haruslah semaksimal mungkin, dilandasi dengan semangat dan kesungguhan yang tinggi.

Apaabila kita telah bekerja dengan maksimal, jjangan khawatirkan soal rezeki, sebab soal rezeki akan menyusul.

Barangkali sekarang tidak banyak orang yang melakukan demikian, kebanyakannya bekerja seadanya dan menuntut hasil yang lebih.

Nah semoga kita termasuk orang yang sungguh-sungguh dalam bekerja.

#3. Malam Mingguan

Sakirana malem mingguan saukur jalan-jalan mah mending ngojeg, puguh meunang duit ngojeg mah!

Sekiranya malam mingguan hanya jalan-jalan saja, mending ngojeg. Sebab ngojeg dapat mendatangkan uang.

Malam mingguan menjadi hal yang sangat lumrah, terutama bagi mereka para remaja. Bahkan untuk sebagian orang menjadis ebuah kebutuhan.

kata kata mutira Bahasa Sunda kahirupan ini memberikan pilihan kepada kita untuk ngojeg dari pada malam mingguan, dengan pertimbangan apabila ngojek akan mendatangkan uang.

#4. Orang Hebat

Seuri bari hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.

Senyum dalam keadaan hati sedih adalah ciri ciri orang hebat, kuat dan banyak jerawat.

Meskipun kata mutira Bahasa Sunda ini sedikit lucu, karena terdapat kata-kata banyak jerawat di bagian akir, akan tetapi tidak mengurangi makna dan isinya.

Dimana dapat kita simpulkan bahwa orang yang masih dapat tersenyum dalam keadaan sedih merupakan ciri ciri dari oran ghebat.

Seperti yang kita ketahui tidak sedikit orang yang mampu tersenyum dalam keadaan demikian.

Sebab dalam kondisi sedih biasanya semuanya seakan-akan hancur, seperti tidak akan ada hari esok.

Semoga kita dapat menjadi orang yang kuat, sehingga suatu hari mendapatkan kebahagian.

#5. Belajar Sabar itu Susah

Di ajar sabar teh hese da lamun sabar babari mah moal beut aya manusa anu cicing dina kasangsaraan.

Belajar sabar itu susuh, jika mudah tidak akan ada orang yang sengsara.

Belajar sabar memang tidak mudah, butuh proses dan jam terbang. Sabar itu bukan soal umur, terkadang banya yang sudah tua namun tidak pernah sabar.

Sabar itu soal keteguhan dan keyakinan, bukankah Islam telah mengatakannya, bahwa sabar merupakan salah satu penolong.

Ketika kita mampu bersabar, maka Insha Allah akan mendapatkan kemulian dan kebahagian dunia akhirat.

Kata Kata Mutiara Bahasa Sunda Kahirupan Lemes

kata kata bijak bahasa sunda
Dibuat oleh berkata.com

Setelah pada bagian sebelumnya menyajikan kata mutira Bahasa Sunda Kasar, pada bagian ini, sekaligus yang terakhir, saya akan sajikan kata mutiara kahirupan dalam Bahasa Sunda yang lemes, atau dalam kata lain halus.

#1. Kebahagian Itu Bukan Soal Harta

Kabagjaan teh sanes ku seerna harta, kabajaan teh ayana dina hate nu teu weleh ngucap sukur

Kebahagian itu bukan soal banyaknya harta, kebahagiaan ada di dalam hati yang senantiasa mengucap syukur.

Beberapa orang ada yang pernah bertanya soal kebahagian, apakah ia nampak? Saya rasa kebahagian itu tidak selalu nampak, sebab adanya di dalam hati.

Salah satu bentuk kebahagian ialah dengan senantiasa mengucap syukur kepada pencipta atas apa yang telah diberikan-Nya.

Bahagia itu tidak selalu dapat kita kaitkan dengan harta, toh banyak orang kaya di laur sana yang merasa bahagia.

Menurut saya bahagia itu kenyamanan hati, ketidakterpaksaan dalam melakukan hal apapun, dan sebagainya.

#2. Kemajuan Dunia

Kamajuan dunya kudu dibarengan ku motekar akal jeung lengkah nu basajan.

Kemajuan dunia harus dibarengi dengan dengan kemajuan akal  dan tingkah laku.

Abad 20, diseut-sebut sebagai abad modern, semua pekerjaan di modernisasi, teknologi dan komputer dimana-mana.

Hal ini tentu harus kita barengi dengan langkah dan perilaku yang seimbang, supaya kita tidak temasuk orang-orang yang tertinggal.

Jangan sampai kita menjadi masyarakat yang tertinggal jauh oleh peradaban bangsa lain. Jangan juga kita hanya menjadi negara penonton dan konsumtif.

#3. Percaya

Sing percaya kana diri, nu dianti pasti ngawujud bukti, asal usaha jeung percaya kanu maha suci.

harus percaya diri, yang dinanti pasti menjadi bukti, asalakan usaha dan kepada Allah.

Kata mutiara Bahasa Sunda kahirupan ini sangat cocok untuk kalian yang sedang mengejar mimpi.

Berbicara soal mimpi atau cita cita, setiap orang pasti memilikinya, namun hanya sedikit yang berani untuk mewujudkannya.

Kebanyakan dari mereka buka tidaklah mampu, namun mereka tidak cukup berani untuk mengusahakannya.

Padahal apabila diusahakan sekuat tenaga, dengan tekad kuat dan doa kepada Allah, sayakin semuanya impian dapat terwujud.

Kita juga harus mampu menjadi diri sendiri, dalam kata Bahasa Inggris kita mengenalnya dengan “be your self”.

#3. Kesalahan

Rumaos diri seuer kalepatan, neda pangapu nten anu saageungna tina samudaya kalepatan.

Merasa diri banyak dosa, mohon dimaafkan atas segala kesalahan.

Bahasa Sunda di atas merupakan sebuak kata kata permintaan maaf dalam menggunakan Bahasa Sunda lemes atau halus.

Nah jika kalian merasa memiliki kesalahan, alangkah baiknya segera untuk minta maaflah, sebab dengan meminta maaf akan membuat hati kita tenang.

#4. Mengntrol Diri

Tong leungpang dina hayang, tong cicing dina embung

Jangan berjalan dalam keinginan, jangan dian dalam ketidakmauan.

Adaalanya kita harus menahan keinginan kita, belum tentu keinginan adalah sebuah kebutuhan.

Kemudian kita juga tidak boleh berdiam diri dalam ketidakmauan atau kemalasan, harus dipaksakan untuk bergerak.

Barangkali hidup ini memang tidak semudah yang ditontonkan dalam film, tapi paling tidak kita harus terus bersemangat dan merasa bahagia dalam menjalaninya.

#5. Harus Memiliki Batasan

Tap kudu lempang dina kudu jeung kudu euren dina ulah

Hrus berjalan dalam harus dan harus berhenti dalam jangan.

Apapun memiliki aturannya masing-masing, jangan sampai kita menjadi orang yang melanggaran aturan.

Jadilah orang yang dapat menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi lingkungan yang ada.

Demikian tulisan yang dapat saya bagikan mengenai kata kata mutiara Bahasa Sunda kahirupan, semoga tulisan ini menjadi nasehat bagi kita semua.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *