Gambar burung di arab dan pepatah arab
Peribahasa

Peribahasa & Pepatah Arab

Berkata.net – Dalam menjalani kehidupan ini, pastinya Anda membutuhkan pedoman hidup agar bisa menjalani kehidupan yang lebih baik. Nah, tak sedikit dari mereka yang menggunakan beberapa pepatah yang berasal dari berbagai macam daerah, salah satunya adalah pepatah yang berasal dari Arab.

Pepatah Arab mengandung banyak makna bagi kehidupan manusia. Hal ini karena nasihat Arab tidak hanya ditujukan untuk menjaga hubungan baik antara manusia satu dengan lainnya, namun juga ditujukan untuk menjaga hubungan baik dengan Tuhan.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan sebuah pepatah sebagai pedoman hidup, di bawah ini ada beberapa pepatah Arab yang bisa Anda pilih.

15 Peribahasa & Pepatah Arab Terbaik

peribahasan dan pepatah bahasa arab betapa pentingnya menuntut ilmu
Peribahasa arab oleh berkata.net

1. Perhatikan & Menjadi Orang Tahu

Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kau akan jadi orang yang tahu.

Sebelum Anda mempelajari sesuatu, maka perhatikan dengan baik terlebih dahulu. Setelah itu, beranikan diri untuk mencobanya. Hal tersebut akan membantu Anda untuk bisa mempelajari ilmu dengan baik.

Bahkan kalau perlu menganalisa dan mempertimbangkan apa yang hendak dilakukan oleh kita.

Hal ini berlaku dalam mempelajari apapun dan banyak hal, bahkan peribahasa atau pepatah laian banyak yang menjarkan demikian, salah satunya adalah peribahasa atau pepatah Sunda.

2. Sabar adalah Penolong

Kesabaran itu menolong segala pekerjaan.

Untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan, kesabaran menjadi hal yang penting untuk Anda miliki.

Dengan sabar, Anda bisa lebih teliti dan lebih jeli dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dengan baik. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai macam kesalahan.

3. Menuntut Ilmu

Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang kubur.

Menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi siapa saja. Bahkan, islam mewajibkan umatnya baik laki-laki ataupun perempuan, baik yang masih mudah atau sudah lanjut usia untuk terus menuntut ilmu. Ini karena ilmu merupakan bekal bagi kehidupan di dunia ataupun di akhirat.

Ilmu akan menjadi penerang dalam kehidupan kita, setidaknya akan memudahkan dalam menjalani proses kehidupan ini.

Bahkan Islam memberikan keutamaan bagi orang orang yang menuntut ilmu, seperti dimudahkan menuju surga, ilmu adalah warisan para nabi dll.

4. Kenikmatan & Kepayahan

Tidak ada kenikmatan kecuali setelah kepayahan.

Untuk bisa menikmati apa yang diinginkan, tentu saja Anda harus bersusah payah terlebih dahulu. Agar bisa kaya, Anda harus bekerja keras.

Agar bisa pintar, Anda harus belajar yang tekun. Berbagai macam kenikmatan yang ada di dunia ini haruslah diraih dengan berbagai macam kesusahan yang harus Anda jalani terlebih dahulu.

5. Ketulusan Teman

Kecintaan atau ketulusan teman itu, akan tampak saat engkau dilanda kesulitan.

Teman yang baik ialah teman yang selalu ada saat Anda susah. Tentu saja, nasihat Arab yang satu ini harus Anda dalami.

Tidak semua teman mau membantu Anda disaat Anda sedang mengalami kesusahaan ataupun saat sedang ditimpa sebuah musibah.

Nah, teman yang benar-benar tulus mencintai Anda ialah ia yang selalu ada disamping Anda baik saat senang ataupun saat susah. Mereka tidak akan ragu untuk menolong berbagai macam masalah yang ada dalam hidup Anda.

6. Jujur dan Menepati Janji

Pergaulilah orang yang jujur dan menepati janji.

Berapa banyak orang yang tidak pernah jujur dan sulit menepati janji yang sudah mereka ucapkan? Tentu, mempergauli mereka adalah sebuah hal yang salah dan tidak tepat.

Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam memilih teman yang jujur dan bisa menepati janji. Dengan berusaha memilih teman demikian, maka kita akan menjadi seperti mereka.

7. Sedikit Jujur Sedikit Teman

Barang siapa sedikit kebenarannya atau kejujurannya, maka sedikit pulalah temannya.

Orang yang sering berbohong, maka ia tidak akan dipercaya oleh orang lain dan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Tak heran, jika orang yang mudah sekali berbohong, akan sulit untuk bisa mendapatkan teman.

8. Bersabar

Barang siapa sabar, beruntunglah ia.

Peribahasa Arab yang satu ini memberikan pedoman bagi siapa saja untuk selalu bersabar dalam menghadapi apapun.

Karena dengan bersabar, hal tersebut akan menjadi Anda terlihat lebih mulia terutama di sisi Tuhan.

Selain itu, dengan sabar Anda juga bisa berpikir jernih serta bisa memilih mana yang baik dan mana yang salah.

Tak heran juga, jika islam mengatakan bahwa orang-orang yang sabar merupakan orang-orang yang beruntung.

9. Kesungguhan

Barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkannya.

Jika Anda bersungguh-sungguh untuk meraih apa yang Anda inginkan, niscaya Tuhan akan membantu Anda untuk mendapatkan apa yang Anda usahakan tersebut.

Jangan pernah berhenti berusaha dan berdo’a untuk meraih apa yang Anda inginkan. Karena usaha dan do’a merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain.

10. Menggali Lubang

Barang siapa yang menggali lubang, maka akan terperosoklah ia ke dalamnya.

Kata bijak dari Arab tersebut memberikan pengertian bahwa, jika seseorang melakukan suatu kesalahan ataupun keburukan, niscaya ia sendiri yang akan masuk ke dalamnya.

Sesuatu yang kita lakukan maka akan kembali lagi kepada kita, baik ataupun buruk, yang baik akan kembali kepada kita, dan begitupun dengan hal buruk.

11. Perjalanan yang Jauh

Barang siapa tahu jauhnya perjalanan, maka bersiap-siaplah ia.

Jika Anda sudah mengetahui seberapa jauh jalan yang harus ditempuh, maka Anda harus mempersiapkannya sedari awal. Ini karena perjalanan yang jauh, tidaklah membutuhkan bekal yang sedikit.

Sama seperti ketika Anda ingin menggapai sebuah mimpi yang sangat tinggi, maka Anda butuh bekal yang jauh lebih banyak dan siap dengan segala rintangan yang mungkin bisa menghantam Anda selama perjalanan.

Samahalnya ketika Anda ingin belajar ke negeri yang jauh, harus dipersiapkan mental yang kuat.

Beberapa cara untuk mnguatkan jiwa yaitu dengan membaca berbagai macam pepatah, diantaranya pepatah Cina ataupun pepatah lainnya.

12. Berpikir Terlebih Dahulu

Berpikirlah dahulu sebelum kamu berkemauan (merencanakan).

Pepatah Arab tersebut memberikan pengertian bahwa sebelum Anda melakukan hal yang ingin dilakukan, alangkah memikirkannya terlebih dahulu.

Pikirkanlah dengan matang kebaikan ataupun keburukan yang akan Anda hadapi nantinya. Dengan begitu, akan membantu Anda untuk siap dalam mengambil langkah yang tepat saat membuat sebuah keputusan.

13. Memperbaiki Diri

Perbaiki dirimu sendiri terlebih dahulu, niscaya orang lain akan baik padamu.

Dengan memperbaiki diri sendiri, hal tersebut dapat membuat orang lain juga akan berbuat baik pada Anda.

Dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik, tentu saja itu akan mengundang simpati bagi orang yang ada di sekitarnya untuk berperilaku baik kepada Anda.

14. Jangan Menghina

Jangan menghina seseorang yang lebih rendah daripada kamu, karena segala sesuatu itu pasti memiliki kelebihan.

Satu hal yang sering tidak sedari oleh kebanyakan orang ialah, mereka dapat dengan mudahnya menghina orang yang mereka anggap jauh lebih rendah, baik dari sisi jabatan, kekayaan, ilmu atau yang lain sebagainya.

Padahal, Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu jika tidak ada kebaikan di dalamnya. Oleh karena itu, jangan pernah mudah untuk menghina orang lain, karena belum tentu Anda jauh lebih baik dari yang Anda hina itu.

15. Akan Ada Jalannya

Jika benar kemauannya, maka akan terbukalah jalannya.

Peribahasa Arab tersebut memberikan pengertian bahwa, jika Anda memiliki niat yang baik, maka Tuhan akan membukakan jalannya dengan berbagai macam cara.

Hal yang terpenting adalah niat dan kemauan. Jangan sampai kita hanya ingin saja tanpa dibarengi dengan niat yang baik.


Apa yang Dapat Disimpulkan Dari Pepatah Arab?

Pepatah atau peribahasa Arab di atas tentu tidak jauh berbeda dengan pepatah suku Melayu ataupun peribahasa dari Madura, yaitu kumpulan nasehat kehidupan.

Demikian berbagai macam pepatah Arab yang syarat akan makna. Semoga pepatah dan nasihat dari Arab ini bisa Anda jadikan sebagai pedoman kehidupan agar bisa memiliki perilaku hidup yang jauh lebih baik.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *